Senin, 28 Maret 2011

KTI PERTEMUAN 4 MS ACCESS


MS ACCESS
Microsoft Access (atau Microsoft Office Access) adalah sebuah program aplikasi basis data komputer relasional yang ditujukan untuk kalangan rumahan dan perusahaan kecil hingga menengah. Aplikasi ini merupakan anggota dari beberapa aplikasi Microsoft Office, selain tentunya Microsoft Word, Microsoft Excel, dan Microsoft PowerPoint. Aplikasi ini menggunakan mesin basis data Microsoft Jet Database Engine, dan juga menggunakan tampilan grafis yang intuitif sehingga memudahkan pengguna.
Microsoft Access dapat menggunakan data yang disimpan di dalam format Microsoft Access, Microsoft Jet Database Engine, Microsoft SQL Server, Oracle Database, atau semua kontainer basis data yang mendukung standar ODBC. Para pengguna/programmer yang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang kompleks, sementara para programmer yang kurang mahir dapat menggunakannya untuk mengembangkan perangkat lunak aplikasi yang sederhana. Access juga mendukung teknik-teknik pemrograman berorientasi objek, tetapi tidak dapat digolongkan ke dalam perangkat bantu pemrograman berorientasi objek.

LANGKAH PEMBUATAN
Disini saya akan menjelaskan mengenai pembuatan database sederhana menggunakan ms Accsess yang dimana data-data yang digunakan adalah data timnas sepakbola Indonesia. Hal yang pertama kali dilakukan adalah membuka Ms Access, Ms Access yang digunakan adalah Ms Access 2007. Kemudian Pilih “New Blank Database” pada bagian atas tampilan ms Access. Selanjutnya Isi File Name database sesuai dengan yang kita inginkan contoh “Timnas Indonesia” kemudian filih save location dan klik “create”.Setelah mengklik “create” kita akan langsung menuju ke tampilan kerja ms Acces, Langkah pertama dalam membuat data base adalah kita harus membuat tabel data terlebih dahulu caranya dalah klik button design view pada bagian kiri atas kemudian akan muncul jendela dialog untuk nama tabel yang kita inginkan, jika sudah klik ok. Langkah selanjutnya adalah mengisi tabeldengan data. Jika kita lihat pada field pertama terdapat icon kunci kecil, icon itu adalah primary key yang digunakan untuk nomor ID atau karakter unik lainnya yang dapat membedakan antara satu personal dengan personal lainnya.
Pada ms Acces terdapat banyak type data yang bisa kita gunakan contohnya seperti text, number dsb.Kita dapat menambahkan field baru dengan cara mengklik kembali button view pada bagian kiri atas pilih menu data sheet kemudian klik “new field”

Ini Table dalam tampilan “Design View”

MEMBUAT QUERY
Setelah kita membuat tabel selanjutnya kita akan membuat Query , Query digunakan untuk memanipulasi data. Untuk membuat Query adalah dengan cara klik menu Create kemudian pilih “Query wizard”. Kemudian akan muncul tampilan query wizard beserta opsi pilihan, klik pada pilihan paling atas yaitu “simple query wizard” klik ok. Kemudian akan muncul dua buah field yang bernama “Available field” dan “Selected field”.  “Available field” adalah field yang berisi data tael yang telah kita buat sebelumnya dan “Selected field” adalah field untuk memasukkan tabel yang ingin kita gnakan dalam query, untuk memasukkan data tabel dari  Available field ke Selected field adalah dengan cara blok data tabel yang kita inginkan kemudian kilik lambang > jika sudah klik next kemudian klik finish.Maka akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah.


MEMBUAT FORM
Form
Form digunakan untuk berinteraksi dengan data pada layar, agar data yang kita isikan pada tabel tadi terlihat pada form. Langkah-langkahnya :

1. Klik Create

2. Pilih More Forms

3. Pada Form Wizard, pindahkan Field-fieldnya, lalu next

4. Pilih layout form (layout dibawah menggunakan Columnar) klik next

5. Pilih gaya tampilan form (tampilan dibawah menggunakan gaya Flow) lalu next

6. Klik Finish
, maka akan muncul tampilan sebagai berikut :


MEMBUAT REPORT
Langkah-langkah dalam membuat report adalah sebagai berikut: -Buka Reports dalam Microsoft Access -Aktifkan jenis obek data reports dan klik dua kali pada “Create report by using wizard” - Klik tanda > untuk mengaktifkan seluruh field yang akan dilaporkan satu per satu atau klik tanda >> untuk semua field lalu akan masuk kotak kolom sebelah kanan. -Klik Next untuk langkah berikutnya, maka akan tampil tingkat pengelompokkan data. -Klik Next untuk langkah penyusunan data berdasarkan kriteria tertentu. - Klik Next untuk langkah berikutnya, pilih jenis layout yang terdiri dari columnar (bentuk kolom), tabular (bentuk tabel), dan justified (kombinasi keduanya). Untuk orientasi hasil cetak terdiri dari portrait untuk cetak biasa atau Landscape untuk cetak vertikal. Klik Next untuk ke langkah selanjutnya. Dalam hal ini kita gunakan jenis pilihan Corporate. -Klik Next untuk ke langkah selanjutnya, maka akan tampil jendela rekam laporan, tuliskan nama Report pada kotak isian “What title do you want for your report?” -Klik Finish dalam pilihan “Preview the report” untuk mengakhiri langkah. Secara otomatis data laporan yang kita buat tampil dengan sendirinya, maka kan menghasilkan tampilan sebagai berikut :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar