Selasa, 05 Oktober 2010

PERANAN KOMPUTER DALAM DUNIA KESEHATAN

Perkembangan teknologi komputer informasi yang begitu pesat sekarang ini telah merambah ke berbagai sektor termasuk dalam bidang kesehatan. Meskipun dunia kesehatan dan medis merupakan bidang yang bersifat information-intensive, akan tetapi adopsi teknologi komputer relatif tertinggal. Sebagai contoh, ketika transaksi finansial secara elektronik sudah menjadi salah satu prosedur standar dalam dunia perbankan, sebagian besar rumah sakit di Indonesia baru dalam tahap perencanaan pengembangan billing system. Di negara Amerika Serikat, negara yang relatif maju baik dari sisi anggaran kesehatan maupun teknologi informasi komputer, rumah sakit rata-rata hanya menginvestasikan 2% untuk teknologi informasi.
Di sisi yang lain, kita menyadari bahwa teknologi komputer merupakan salah satu alat penting dalam peradaban manusia khususnya pada era globalisasi ini Teknologi informasi dan komunikasi komputer saat ini adalah bagian penting dalam manajemen informasi. Jika perkembangan Teknologi dalam dunia medis tidak ditingkatkan, secara otomatis akan jauh tertinggal. Selain memiliki potensi dalam memfilter data dan mengolah menjadi informasi, TI mampu menyimpannya dengan jumlah kapasitas jauh lebih banyak dari cara-cara manual. Penggabungan bidang medis dengan teknologi komunikasi juga memungkinkan data kesehatan di-share secara mudah dan cepat. Disamping itu, teknologi memiliki karakteristik perkembangan yang sangat cepat.
Setiap dua tahun, akan muncul produk baru dengan kemampuan pengolahan yang dua kali lebih cepat dan kapasitas penyimpanan dua kali lebih besar serta berbagai aplikasi inovatif terbaru. Dengan berbagai potensinya ini, manajemen informasi kesehatan di rumah sakit perlu memberikan perhatian istimewa terhadap teknologi tersebut.
Komputer banyak berperan membantu di dunia kesehatan antara lain :
-Dalam bidang adminstrasi dan pengelompokan data
- Dalam bidang obat-obatan (medicine)
- Mendiagnosa suatu penyakit, perawatan (memonitoring status pasien dapat lebih mudah)
- Penelitian

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar